jump to navigation

Matematika


Silabus

Sekolah                     : SMP…

Kelas                           : VIII

Mata Pelajaran          : Matematika

Semester                    : I(satu)

Standar Kompetensi : ALJABAR

1. Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi, dan persamaan garis lurus

Kompetensi

Dasar

Materi

Pokok/

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

Teknik Bentuk

Instrumen

Contoh

Instrumen

1.1 Melakukan operasi aljabar Bentuk aljabar Mendiskusikan hasil operasi tambah, kurang pada bentuk aljabar (pengulangan)
  • Menyelesaikan operasi tambah, kurang pada bentuk aljabar
Tes tulis Tes uraian Berapakah:

(2x + 3) + (-5x – 4)

2x40mnt Buku teks
Mendiskusikan hasil operasi kali, bagi dan pangkat pada bentuk aljabar (pengulangan)
  • Menyelesaikan operasi kali, bagi dan pangkat pada bentuk aljabar
Tes tulis Tes uraian Berapakah

(-x + 6)(6x – 2)

2x40mnt
1.2 Mengurai kan bentuk aljabar ke dalam faktor-faktornya Bentuk aljabar Mendata faktor suku aljabar berupa konstanta atau variabel
  • Menentukan faktor suku aljabar
Tes lisan Pertanyaan Sebutkan variabel pada bentuk  berikut:

  1. 4x + 3
  2. 2p – 5
  3. (5a – 6)(4a+1)
2x40mnt
Menentukan faktor-faktor bentuk aljabar dengan cara menguraikan bentuk aljabar tersebut
  • Menguraikan bentuk aljabar ke dalam faktor-faktornya
Tes tulis Tes uraian Faktorkanlah 6a – 3b + 12 2x40mnt
1.3 Memahami relasi dan fungsi Relasi dan fungsi Menyebutkan  hubungan yang merupakan suatu fungsi melalui masalah sehari-hari, misal hubungan antara nama kota dengan negara/propinsi, nama siswa dengan ukuran sepatu
  • Menjelaskan dengan kata-kata dan menyatakan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan relasi dan fungsi
Tes lisan Pertanyaan Berikan contoh dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan fungsi! 2x40mnt Buku teks

Lingkungan

Menuliskan suatu fungsi menggunakan notasi
  • Menyatakan suatu fungsi dengan notasi
Tes tulis Tes uraian Harga gula 1 kg Rp 5600,00. Harga a kg gula  5600 a rupiah.Nyatakan dalam bentuk fungsi a ! 1x40mnt
1.4 Menentu kan nilai fungsi Fungsi Mencermati cara menghitung nilai fungsi dan menghitungnya
  • Menghitung nilai fungsi
Tes tulis Tes isian Jika f(x) = 4x -2 maka nilai f(3)=…. 1x40mnt
Menyusun suatu fungsi jika nilai fungsi dan data fungsi diketahui
  • Menentukan bentuk fungsi jika nilai dan data fungsi diketahui
Tes tulis Tes uraian Jika f(x) = px + q, f(1) = 3 dan

f(2) = 4 tentukan f(x).

2x40mnt
1.5 Membuat sketsa grafik fungsi aljabar sederhana pada sistem koordinat Cartesius Fungsi 2.1 Membuat  tabel pasangan antara nilai peubah dengan nilai fungsi

Menggambar grafik fungsi aljabar dengan cara menentukan koordinat titik-titik pada sistem koordinat Cartesius

  • Menyusun tabel pasangan nilai peubah dengan nilai fungsi

Menggambar grafik fungsi pada koordinat Cartesius

Tes tulis

Tes tulis

Tes isian

Tes uraian

Diketahui f(x) = 2x + 3. Lengkapilah tabel berikut:

x 0 1 2 3
f(x) …. …. …. ….

Dengan menggunakan tabel gambarlah grafik fungsi yang dinyatakan f(x) = 3x -2

2x40mnt

2x40mnt

1.6 Menentu kan gradien, persamaan garis lurus Garis Lurus Menemukan pengertian dan nilai gradien suatu garis dengan cara menggambar beberapa garis lurus pada kertas berpetak Mengenal pengertian dan menentukan gradien garis lurus dalam berbagai bentuk Tes tulis Tes uraian Disajikan gambar beberapa garis pada kertas berpetak. Tentukan gradien garis-garis tersebut! 2x40mnt
Menemukan cara menentukan persamaan garis yang melalui dua titik, melalui satu titik dengan gradien tertentu
  • Menentukan persamaan garis lurus yang melalui dua titik, melalui satu titik dengan gradien tertentu
Tes tulis Tes isian Persamaan garis yang melalui titik (2,3) dan mempunyai gradien 2 adalah … . 2x40mnt
Menggambar garis lurus jika

–       melalui dua titik

–       melalui satu titik dengan gradien tertentu

–       persamaan garisnya diketahui

  • Menggambar grafik garis lurus
Tes tulis Tes uraian Gambarlah garis lurus dengan persamaan y = 2x – 4 2x40mnt

Standar Kompetensi : ALJABAR

2. Memahami sistem persamaan linear dua variabel  dan menggunakannya dalam pemecahan masalah

Kompetensi

Dasar

Materi

Pokok/

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

Teknik Bentuk

Instrumen

Contoh

Instrumen

2.1 Menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabel Sistem Persamaan Linear Dua variabel Mendiskusikan pengertian PLDV dan SPLDV
  • Menyebutkan perbedaan PLDV dan SPLDV
Tes lisan Daftar pertanyaan Bentuk

4x + 2 y = 2

x – 2y = 4

a. Apakah merupakan sistem persamaan?

b. Ada berapa variabel?

c. Apakah variabelnya?

d. Disebut apakah bentuk tersebut?

2x40mnt Buku teks dan lingkungan
Mengidentifikasi SPLDV dalam berbagai bentuk dan variabel
  • Mengenal SPLDV dalam berbagai bentuk dan variabel
Tes tulis Tes uraian Manakah yang merupakan SPLDV?

  1. 4x + 2y = 2

x – 2y = 4

  1. 4x + 2y ≤  2

x – 2y = 4

c.   4x + 2y >  2

x – 2y = 4

  1. 4x + 2y – 2 = 0

x – 2y – 4 = 0

2x40mnt
Menyelesaikan SPLDV dengan cara substitusi dan eliminasi
  • Menentukan akar SPLDV dengan substitusi dan eliminasi
Tes tulis Tes uraian Selesaikan SPLDV berikut ini

3x – 2y = -1

-x + 3y = 12

2x40mnt
2.2 Membuat model matemati ka dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel Sistem Persamaan Linear Dua Variabel 1.1  Mengubah masalah sehari-hari ke dalam model matematika berbentuk SPLDV
  • Membuat model matematika dari masalah sehari-hari yang berkaitan dengan SPLDV
Tes tulis Tes uraian Harga 4 pensil dan 5 buku  tulis Rp19 000,00 sedangkan harga 3 pensil dan 4 buku tulis Rp 15 000,00. Tulislah model matematikanya. 2x40mnt
2.3Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel dan penafsirannya Sistem

Persamaan Linear Dua Variabel

Mencari penyelesaian suatu masalah  yang dinyatakan dalam model matematika dalam bentuk SPLDV –       Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel dan penafsirannya Tes tulis Tes uraian Selesaikan SPLDV berikut:

2x + 3y = 8

5x  – 2y =1

2x40mnt
Menggunakan grafik garis lurus untuk menyelesaikan model matematika yang berkaitan dengan SPLDV dan menafsirkan hasilnya Tes tulis Tes uraian Selesaikan SPLDV

4x + 5y = 19

3x + 4y = 15  dengan menggunakan grafik garis lurus dan merupakan apakah hasilnya?

4x40mnt

Standar Kompetensi : GEOMETRI DAN PENGUKURAN

3. Menggunakan Teorema Pythagoras dalam pemecahan masalah

Kompetensi

Dasar

Materi

Pokok/

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

Teknik Bentuk

Instrumen

Contoh

Instrumen

Geometri dan Pengukuran

3.1  Mengguna  kan Teorema Pythagoras dalam pemecahan masalah

Teorema Pythagoras Menemukan Teorema Pythagoras dengan menggunakan persegi-persegi
  • Menemukan Teorema Pythagoras
Tes tulis Tes uraian Jika panjang sisi siku-siku suatu segitiga adalah a cm dan b cm, dan panjang sisi miring c cm, maka tuliskan hubungan antara a, b, dan c. 2x40mnt Buku teks, kertas berpetak, model Pythagoras
Menuliskan rumus Teorema Pythagoras pada segitiga siku-siku
  • Menghitung panjang sisi segitiga siku-siku jika dua sisi lain diketahui
Tes tulis Tes uraian Panjang salah satu sisi siku-siku 12 cm, dan panjang sisi miring 13 cm. Hitunglah panjang sisi siku-siku yang lain 2x40mnt
Menerapkan Teorema Pythagoras pada segitiga siku-siku dengan sudut istimewa
  • Menghitung perbandingan sisi sisi segitiga siku-siku istimewa (salah satu sudutnya 300, 450, 600)
Tes tulis Tes uraian Segitiga ABC siku-siku di B. Sudut A = 300 dan panjang AC = 6 cm. Hitunglah panjang sisi AB dan BC. 4x40mnt
3.2 Memecahkan masalah pada bangun datar yang berkaitan dengan Teorema Pythagoras Teorema Pythagoras Mencari perbandingan sisi-sisi segitiga siku-siku istimewa dengan menggunakan teorema Pythagoras
  • Menghitung perbandingan sisi-sisi segitiga siku-siku istimewa
Tes tulis Tes Uraian Suatu segitiga ABC siku-siku di B. Sudut A = 300

Panjang sisi AB = c cm. Hitung panjang sisi-sisi  BC dan AC.

2x40mnt
Menggunakan teorema Pythagoras untuk menghitung panjang diagonal ,sisi, pada bangun datar, misal persegi, persegi panjang, belah ketupat, dsb
  • Menghitung panjang diagonal pada bangun datar, misal persegi, persegi panjang, belah ketupat, dsb
Tes tulis Tes uraian Suatu persegi panjang mempunyai panjang 8 cm dan lebar 6 cm. Hitunglah panjang diagonalnya. 6x40mnt

Mengetahui

Kepala                                                                                      Jakarta, Juli 2010

Guru mata pelajaran

……………………………………                                                …………………………….

Silabus

Sekolah                     : SMP ….

Kelas                           : VIII

Mata Pelajaran          : Matematika

Semester                    : II(dua)

Standar Kompetensi : GEOMETRI DAN PENGUKURAN

4. Menentukan unsur, bagian lingkaran serta ukurannya

Kompetensi

Dasar

Materi

Pokok/

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

Teknik Bentuk

Instrumen

Contoh

Instrumen

4.1 Menentu kan unsur dan bagian-bagian lingkaran Lingkaran Mendiskusikan unsur-unsur dan bagian-bagian lingkaran dengan menggunakan model
  • Menyebutkan unsur-unsur dan bagian-bagian lingkaran : pusat lingkaran, jari-jari, diameter, busur, talibusur, juring dan tembereng.
Tes lisan Daftar pertanyaan C

D

Disebut apakah garis CD?

2x40mnt Buku teks, model lingkaran, dan lingkungan
4.2 Menghitung keliling dan luas lingkaran Lingkaran Menyimpulkan nilai phi dengan menggunakan benda yang berbentuk lingkaran
  • Menemukan nilai phi
Tes unjuk kerja Uji petik kerja produk Ukurlah keliling (K) sebuah benda berbentuk lingkaran dan juga diameternya (d).

Berapakah nilai

2x40mnt
Menemukan rumus keliling dan luas lingkaran dengan menggunakan alat peraga
  • Menentukan rumus keliling dan luas lingkaran
Tes lisan Pertanyaan Sebutkan rumus keliling lingkaran yang berjari-jari p.

Sebutkan rumus luas lingkaran yang berjari-jari q.

4x40mnt
Menggunakan rumus  keliling dan luas lingkaran dalam pemecahan masalah
  • Menghitung keliling dan luas lingkaran.
Tes tulis Tes uraian Hitunglah luas lingkaran jika ukuran jari-jarinya 14 cm. 4x40mnt
4.3 Menggunakan hubungan sudut pusat, panjang busur, luas juring dalam pemecahan masalah Lingkaran Mengamati hubungan sudut pusat dan sudut keliling yang menghadap busur yang sama
  • Mengenal hubungan sudut pusat dan sudut keliling jika menghadap busur yang sama
Tes lisan Tes isian Jika sudut A adalah sudut pusat dan sudut B adalah sudut keliling, sebutkan hubungan antara sudut A dan sudut B jika kedua sudut itu menghadap busur yang sama. 2x40mnt
Menghitung besar sudut keliling jika menghadap diameter atau busur yang sama
  • Menentukan besar sudut keliling jika menghadap diameter dan busur yang sama.
Tes lisan Pertanyaan Berapa besar sudut keliling jika menghadap diameter lingkaran? 2x40mnt
Menghitung panjang busur, luas juring dan tembereng
  • Menentukan panjang busur, luas juring dan luas tembereng.
Tes tulis Tes uraian Di dalam lingkaran dengan jari-jari 12 cm, terdapat sudut pusat

yang besarnya 900

Hitunglah: a. Panjang busur kecil

b. luas juring  kecil

4x40mnt
Menemukan hubungan sudut pusat, panjang busur, luas juring dan menggunakannya dalam pemecahan masalah
  • Menggunakan hubungan sudut pusat, panjang busur, luas juring dalam pemecahan masalah
Tes tulis Tes uraian Seorang anak harus minum tablet yang berbentuk lingkaran. Jika anak tersebut harus minum 1/3 tablet itu dan ternyata jari-jari tablet 0,7 cm. Berapakah luas tablet yang diminum? 4x40mnt
4.4 Menghitung panjang garis singgung persekutuan dua lingkaran Lingkaran Mengamati sifat sudut yang dibentuk oleh garis singgung dan garis yang melalui titik pusat.
  • Menemukan sifat sudut yang dibentuk oleh garis singgung dan garis yang melalui titik pusat.
Tes tulis Tes uraian Perhatikan gambar!

O                        P

Q

Berapakah besar sudut R?

Mengapa?

2x40mnt
Mencermati garis singgung persekutuan dalam dan persekutuan luar dua lingkaran
  • Mengenali garis singgung persekutuan dalam dan persekutuan luar dua lingkaran.
Tes tulis Tes uraian Perhatikan gambar!

A

K             B

P.             Q.

L

Disebut apakah:a) garis AB?

b) garis KL?

2x40mnt
Menghitung panjang garis singgung persekutuan dalam dan persekutuan luar dua lingkaran
  • Menentukan  panjang garis singgung persekutuan dalam dan persekutuan luar
Tes tulis Tes uraian Panjang jari-jari dua lingkaran masing-masing 7cm dan 1cm. Jika jarak antara titik pusatnya 10cm, berapakah panjang garis singgung:

a)     persekutuan dalam

b)    persekutuan luar

4x40mnt
4.5 Melukis lingkaran dalam dan lingkaran luar suatu segitiga Lingkaran Menggunakan jangka dan penggaris untuk melukis lingkaran dalam dan lingkaran luar segitiga
  • Melukis lingkaran dalam dan lingkaran luar segitiga
Tes tulis Tes uraian Dengan menggunakan jangka dan penggaris, lukislah lingkaran:

a)     dalam suatu segitiga

b)    luar suatu segitiga

4x40mnt

Standar Kompetensi : GEOMETRI DAN PENGUKURAN

5. Memahami sifat-sifat kubus, balok, prisma, limas, dan bagian-bagiannya, serta menentukan ukurannya

Kompetensi

Dasar

Materi

Pokok/

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

Teknik Bentuk

Instrumen

Contoh

Instrumen

5.1 Mengiden tifikasi sifat-sifat kubus, balok, prisma dan limas serta bagian-bagiannya Kubus, balok, prisma tegak, limas Mendiskusikan unsur-unsur kubus, balok, prisma dan limas dengan menggunakan model
  • Menyebutkan unsur-unsur kubus, balok, prisma, dan limas : rusuk, bidang sisi, diagonal bidang, diagonal ruang, bidang diagonal.
Tes lisan Daftar pertanyaan W                             V

T                             U

S                              R

P                            Q

Perhatikan balok PQRS-TUVW

a.Sebutkan rusuk-rusuk tegaknya

  1. Sebutkan diagonal ruangnya

Sebutkan bidang alas dan atasnya

2x40mnt Buku teks, lingkungan, model bangun ruang sisi datar (padat dan kerangka)
5.2 Membuat jaring-jaring kubus, balok, prisma dan limas Kubus, balok, prisma tegak, limas Merancang jaring-jaring

–       kubus

–       balok

–       prisma tegak

–       limas

  • Membuat jaring-jaring

–       kubus

–       balok

–       prisma tegak

–       limas

Tes unjuk kerja Uji petik kerja produk Buatlah model balok menggunakan karton manila 4x40mnt
5.3 Menghitung luas permukaan dan volume kubus,balok, prisma dan limas Kubus, balok, prisma tegak, limas Mencari rumus luas permukaan kubus, balok, limas dan prisma tegak
  • Menemukan rumus luas permukaan kubus, balok, limas dan prisma tegak
Tes lisan Daftar pertanyaan 1.Sebutkan rumus luas permukaan kubus jika rusuknya x cm.

2. Sebutkan rumus luas permukaan prisma yang alasnya jajargenjang dengan panjang alasnya a cm dan tingginya b cm. Tinggi prisma t cm.

4x40mnt
Menggunakan rumus untuk menghitung  luas permukaan kubus, balok, prisma dan limas
  • Menghitung luas permukaan kubus, balok, prisma dan limas
Tes tulis Tes uraian Suatu prisma tegak sisi – 3 mempunyai panjang rusuk alas 6 cm dan tingginya 8 cm. Hitunglah luas permukaan prisma 2x40mnt
Mencari rumus volume kubus, balok, prisma, limas.
  • Menentukan rumus volum kubus, balok, prisma, limas
Tes lisan Pertanyaan 1. Sebutkan rumus volum:

a) kubus dengan panjang rusuk x cm.

b) balok dengan panjang pcm, lebar lcm, dan tinggi tcm.

2x40mnt
Menggunakan rumus untuk menghitung volume kubus, balok, prisma, limas.
  • Menghitung volume kubus, balok, prisma, limas.
Tes tulis Tes pilihan ganda Suatu limas tegak sisi-4 alasnya berupa persegi dengan panjang sisi 9 cm. Jika tinggi limas 8 cm maka volume limas :

    1. 206 cm
    2. 216 cm
    3. 261 cm
    4. 648 cm
6x40mnt

Mengetahui

Jakarta, Juli 2010

Kepala Sekolah…                                                                     Guru mata pelajaran

……………………………………..                                         ………………………………

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: